KESANTUNAN TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DIALOG FILM ”ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI” KARYA MUSFAR YASIN (Sebuah Tinjauan Pragmatik)

SUBEKTI, OKTAVIA (2011) KESANTUNAN TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DIALOG FILM ”ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI” KARYA MUSFAR YASIN (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Judul.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah realisasi tindak tutur direktif dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” karya Musfar Yasin? (2) Bagaimanakah skala kesantunan tindak tutur direktif dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” karya Musfar Yasin? Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendiskripsikan realisasi tindak tutur direktif dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” karya Musfar Yasin, (2) Mendiskripsikan skala kesantunan tindak tutur direktif dalam film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” karya Musfar Yasin. Teori yang menjadi dasar dalam penelitian ini meliputi konsep-konsep mengenai (1) pengertian pragmatik, (2) tindak tutur, (3) tindak tutur direktif, (4) realisasi tindak tutur direktif, (5) jenis tindak tutur direktif, (6) ciri-ciri tindak tuturdirektif, (7) teori kesantunan, (8) film. Jenis penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah dialog film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” karya Musfar Yasin. Metode pengumpulan data dengan metode simak dengan teknik bebas libat cakap (SBLC). Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan. Teknik yang digunakan adalah teknik referensial dan teknik pragmatis. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tindak tutur direktif dalam penelitian ini ditemukan enam belas realisasi antara lain: menyuruh, menasehati, mempersilakan, menyarankan, menganjurkan, melerai, memohon, menginterogasi, menantang, mengajak, menyela atau interupsi, mengharap, mengingatkan, membujuk, memarahi, dan meminta ijin. (2) Kesantunan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala biaya keuntungan (cost-benefif scale), skala pilihan (optionally scale), skala ketidaklangsungan (indirectness scale), skala keotoritasan (authority scale), dan skala jarak (social distance scale). Dalam penelitian ini Skala Pilihan (optionally scale) terlihat paling menonjol dibandingkan dengan skala lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, Tindak tutur direktif, dan Kesantunan .
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jul 2011 05:27
Last Modified: 18 Feb 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item View Item