PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011

SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH (2011) PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar; 2) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; 3) Mengetahui pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010-2011. Sampel diambil sebanyak adalah 60 orang siswa dengan teknik simpel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 3,716 + 0,060X1 + 0,063X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pola belajar siswa dan lingkungan keluarga. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pola belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,620 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 19,431%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,549 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 18,669%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pola belajar siswa dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,523 > 3,158 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,381. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,381 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 38,1%, sedangkan 61,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar Siswa, Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:45
Last Modified: 21 Jul 2011 04:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item View Item