Budiarti, Lina Rahayu (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (bab I)
03_BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
Abstract
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Lina Rahayu Budiarti. A 210 070 179. Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan tahun ajaran 2010/2011 yaitu sebanyak 135 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik Simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,574 + 0,186X1 + 0,227X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar kewirausahaan mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,397 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 48 % dan sumbangan efektif 12,5%; 2) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,537 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 52 % dan sumbangan efektif 13,6%; 3) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,166 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan adalah sebesar 26,1%, sedangkan 73,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-33 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa Atas Kemampuan Dosen Dalam Pengelolaan Kelas, Persepsi Mahasiswa Atas Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 09:41 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 04:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13483 |
Actions (login required)
View Item |