KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Sudiyono, Sih (2011) KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ATRIBUT.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_KAJIAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_PENYAJIAN_DATA_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) secara bersama-sama antara supervisi klinis, pengalaman mengajar guru, dan iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (2) secara parsial supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (3) secara parsial antara pengalaman mengajar guru terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; dan (4) secara parsial antara iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang berjumlah 165. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 guru. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, Pengalaman Mengajar, dan iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Nilai R² sebesar 0,513 berarti variabel supervisi klinis, pengalaman mengajar, dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 51,3%. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, besarnya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajara sebesar 4%; (3) terdapat kontribusi variabel pengalaman mengajar terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, dengan sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 15,2%; dan (4) terdapat kontribusi variabel iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajara SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 32,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: supervisi, pengalaman, iklim organsisi, keterampilan mengajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2011 05:00
Last Modified: 20 Jul 2011 05:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13467

Actions (login required)

View Item View Item