PENGARUH FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN KARIR TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PEGAWAI BADAN KOORDINASI WILAYAH II (BAKORWIL II) SURAKARTA

SARI, WENNY AQWARESA (2011) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN KARIR TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PEGAWAI BADAN KOORDINASI WILAYAH II (BAKORWIL II) SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dAPUS.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis komitmen organisasi pegawai Bakorwil II Surakarta, (2) menganalisis pengaruh perencanaan karir, program pengembangan karir, strategi karir, prospek promosi, dan kepuasan karir terhadap komitmen organisasi pada pegawai Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Surakarta, (3) menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap komitmen organisasi pada pegawai Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Surakarta. Penelitian ini dilakukan di Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Surakarta sebanyak 52 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 responden namun setelah dilakukan screening data, terdapat jawaban yang tidak lengkap sebanyak 3 responden dan yang masuk outlier sebanyak 6 responden sehingga sampel yang dianalisa 43 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil analisis menunjukkan : (1) Pegawai Bakorwil II Surakarta berkomitmen terhadap instansi tempat mereka bekerja, (2) Perencanaan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pegawai, (3) Program Pengembangan Karir berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pegawai, (4) Strategi Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pegawai, (5) Prospek Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pegawai, (6) Kepuasan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pegawai, (7) Strategi Karir adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Komitmen Organisasi Pegawai Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Surakarta. Dari penelitian ini mempunyai implikasi bahwa untuk meningkatkan Komitmen Organisasi pegawai Kantor Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Surakarta maka disarankan agar pegawai meningkatkan upaya pengembangan karir individual mereka atau mengembangkan strategi-strategi karir mereka, Institusi menangani pemberian promosi/kenaikan pangkat secara fair, Institusi melibatkan peran pegawai dalam hal pemberian promosi, Institusi lebih memberikan perhatian terhadap hal-hal yang dapat membuat pegawai puas seperti kemajuan karir dan perkembangan skill para pegawai karena hal-hal tersebut terbukti meningkatkan komitmen organisasi pegawai.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir, Program Pengembangan Karir, Strategi Karir, Prospek Promosi, Kepuasan Karir, Komitmen Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2011 03:42
Last Modified: 20 Jul 2011 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item