KONTRIBUSI LAYANAN PERPUSTAKAAN, KETERSEDIAAN FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus SMA Negeri 1 Purworejo)

Widyastuti , Satyani (2011) KONTRIBUSI LAYANAN PERPUSTAKAAN, KETERSEDIAAN FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus SMA Negeri 1 Purworejo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan menguji kontribusi kontribusi layanan perpustakaan, ketersediaan fasilitas dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; (2) menganalisis dan menguji adakah kontribusi layanan perpustakaan terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; (3) menganalisis dan menguji adakah kontribusi ketersediaan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; dan (4) menganalisis dan menguji adakah kontribusi motivasi belajar siswa terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 750 siswa. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sejumlah 238 siswa, menurut tabel Nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan yang dikehendaki adalah 5%. Penentuan sampling penelitian ini dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kebijakan kepala sekolah, kinerja pustakawan, dan motivasi belajar siswa terhadap minat baca di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan F hitung sebesar 103,131 dan p = 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,569 yang berarti layanan perpustakaan, ketersediaan fasilitas perpustakaan, dan motivasi belajar siswa mampu menjelaskan minat baca siswa diperpustakaan SMA 1 Purworejo sebesar 56,9%, sedangkan sisanya sebesar 43,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model; (2) Terdapat kontribusi yang signifikan layanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan thitung sebesar 3,736 dan p = 0,000. Dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 20,89%; (3) Terdapat kontribusi yang signifikan ketersediaan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan thitung sebesar 2,529 dan p = 0,012. Dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 16,56%; dan (4) Terdapat kontribusi yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan t hitung sebesar 3,197 dan p = 0,002. Dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 19,47%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: layanan perpustakaan, fasilitas, motivasi belajar, minat baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2011 03:58
Last Modified: 20 Jul 2011 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item