PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KONSEP NASIONALISME MELALUI PENDEKATAN ROLE-PLAY BAGI SISWA KELAS IXB SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HANANI, SRI (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KONSEP NASIONALISME MELALUI PENDEKATAN ROLE-PLAY BAGI SISWA KELAS IXB SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran tidak menyenangkan, sehingga siswa enggan mengikuti proses pembelajaran. Pada penelitian ini di implementasikan suatu pendekatan mbelajaran aktif role-play. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan konsep nasionalisme setelah diterapkan pendekatan role-play dan (2) peningkatan kualitas output pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkan pendekatan role-play. Jenis penelitian berdasarkan pendekatannya adalah kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian, siswa kelas IXb semester genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011, berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data, deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, kualitas proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan pendekatan role-play, yang meliputi: (1) keaktifan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 25.6%, siklus I sebesar 74.4% dan pada siklus II sebesar 92.3%; (2) motivasi dan minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 23.1%, siklus I sebesar 53.9% dan siklus II sebesar 82.0%; (3) interaksi dalam proses pembelajaran pada pra siklus 17.9%, siklus I sebesar 64.1% dan siklus II sebesar 84.6%; Keberanian berpendapat dan bertanya pada pra siklus sebesar 23.1%, siklus I sebesar 74.4% dan siklus II sebesar 84.6%. Pada kualitas output pembelajaran diperoleh hasil, siswa yang mendapat nilai batas minimal ketuntasan pada pra siklus sebesar 48.7%, siklus I sebesar 76.1% dan siklus II sebesar 94.9%. Ada peningkatan segi proses dan output pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan pendekatan roleplay dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas, proses, output, role-play
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jul 2011 10:24
Last Modified: 19 Jul 2011 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item