PERBAIKAN ENGINE TEST BED PRONY BRAKE DAN STUDY PENGARUH TEKANAN PENGABUTAN NOZZLE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL KUBOTA KND 18 ER /180 N

TAK AWUD, TAK AWUD (2007) PERBAIKAN ENGINE TEST BED PRONY BRAKE DAN STUDY PENGARUH TEKANAN PENGABUTAN NOZZLE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL KUBOTA KND 18 ER /180 N. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Hal_Depan.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF
Bab_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] PDF
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF
Dapus.pdf

Download (27kB)

Abstract

Nozzle pada mesin diesel berfungsi untuk mengabutkan bahan baker dari pompa injeksi ke ruang bakar. Tekanan pengabutan nozzle diatur pada tekanan tertentu agar kinerja motor dapat optimal, berkisar antara 120 kg/cm sampai dengan 140 kg/cm. Dalam penelitian ini dibahas mengenai pengaruh perubahan tekanan nozzle terhadap unjuk kerja motor diesel empat langkah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat uji prony brake system disc dengan pendinginan air pada disc nya. Komponen yang diuji adalah nozzle diesel Kubota KND 180/ER 180 N dengan tipe nozzle pasak ND-DN 45 D 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan merubah tekanan pengabutan nozzle berpengaruh terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan baker spesifik. Dari hasil percobaan pengaturan tekanan pengabutan yang dilakukan, nozzle yang diatur pada takanan 120 kg/cm menghasilkan daya dan torsi paling besar jika dibandingkan tekanan pengabutan nozzle yang lainnya. Nozzle yang diatur pada tekanan pengabutan 140 kg/cm menghasilkan daya dan torsi paling rendah namun konsumsi bahan baker yang dibutuhkan sedikit lebih hemat bila dibandingkan dengan tekanan pengabutan nozzle yang lainnya. Nozzle yang diatur pada tekanan pengabutan 100 kg/cm menghasilkan daya dan torsi paling rendah juga hanya saja konsumsi bahan baker yang dibutuhkan paling banyak dibanding tekanan pengabutan yang lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nozzle, prony brake, tekanan pengabutan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Jul 2011 09:37
Last Modified: 19 Jul 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item