KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING MUNTILAN

ASRORI, MUHAMAD (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING MUNTILAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepemimpinan kepala SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistic. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data kepala sekolah, wakil kepala, guru, karyawan, serta siswa.Analisa data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan cara mengintensifkan kehadiran, pengamatan terus menerus, trianggulasi sumber dan teknik serta mengadakan member checking. Data diproses secara naturalistik dengan langkah-langkah. Pertama menyatukan dalam unit-unit. Kedua kategorisasi. Ketiga membuat dan merumuskan teori. Keempat menuliskan konsep (teori) dengan cara menguraikan temuan-temuan dalam bentuk laporan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: a. Kepala SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring memiliki karakteristik kepemimpinan efektif. 1) Penentuan sumber daya manusia (Guru dan karyawan) yang sangat selektif dengan persyaratan memiliki kemampuan intelektual yang memadai, kinerja bagus, peduli pada siswa, memiliki komitmen yang tinggi. 2) Kepala sekolah memiliki aspek-aspek kepribadian yang baik 3)Pembinaan dan pemberian motifasi yang dilakukan secara rutin. 4)Penerimaan siswa baru dilakukan secara selektif sehingga diperoleh siswa yang berkualitas.5)Kerjasama yang baik dengan berbagai fihak b.Kepala SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan telah melaksanakan fungsi kepemimpinan yaitu memandu,menuntun, membimbing, membangun, memberi atau membangun motifasi-motifasi kerja, mengemudikan organisasi, menjalin jaringan-jaringan komunikasi yang baik, memberi supervisi/pengawasan yang evisien, dan membawa pengikutnya kepada sasaran yang ingin dituju

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jul 2011 05:52
Last Modified: 19 Jul 2011 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item View Item