PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)

Rony, Rony (2011) PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian ini mengarahkan kajian secara teliti pada : 1) mendeskripsikan model kendali perilaku belajar siswa yang digunakan sebelum pengembangan; 2) menemukan model belajar yang paling efektif untuk mengendalikan perilaku belajar siswa; 3) menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa setelah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di kelas XD SMA Negeri 1 Klaten. Tahap penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengembangan desain model dengan metode eksperimen, tahap validasi model dilakukan dengan metode eksperimen quasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Hasil penelitian: (1) model kendali perilaku belajar siswa sebelum pengembangan: perangkat berupa tata tertib sekolah yang berupa penilaian dan penskoran. Semua aspek yang ditulis dalam tata-tertib dinilai baik keadaannya, perangkat yang mengatur siswa dalam kelas masih perlu dibenahi dimana masih adanya pelanggaran yang sering terjadi; (2) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL )merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Model pembelajaran ini telah diuji cobakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas XD. Langkah-langkah pembelajaran quantum: (a)Menentukan tujuan pembelajaran; (b)komunitas dalam belajar memiliki tujuan yang sama; (c)meyakinkan kemampuan peserta didik dalam belajar, dan kemampuan guru dalam mengajar; (d)menjaga agar komunitas kelas tepat berjalan agar peserta didik tetap memiliki minat belajar tinggi. Lingkungan yang mendukung model pembelajaran quantum antara lain: (a)poster ikon, poster afirmasi, penggunaan warna, alat bantu dapat digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, kemampuan guru dan fasilitas yang dimiliki; (b)pengaturan tempat duduk peserta didik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran; (c)tumbuhan, aroma dan unsur organik lainnya, dapat memperkaya kesegaran ruangan kelas;(d)musik dapat digunakan untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental peserta didik, serta mendukung lingkungan belajar.(3)pengembangan model kendali perilaku yang efektif setelah dikembangkan berupa kartu kendali perilaku yang dimiliki setiap siswa sebagai alat indikator hasil perkembangan tahap perubahan tingkah laku siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model, perilaku belajar yang efektif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jul 2011 05:45
Last Modified: 19 Jul 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item View Item