ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Sarno, Sarno (2008) ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100010467.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengana lisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar . Populasinya adalah pasien rumah sakit dengan sampel 150 pasien. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi antara variabel dependen dan independen. Variabel independen dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah: Teknik analisis data dengan regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2), dan uji asumsi klasik. Dari uji t ini didapat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan masing-masing variabel independen yaitu tangibles 2,570, reliability 1,995, responsiveness 2,513, emphaty 2,469 yang lebih besar dari thitung 1,984. Sedangkan untuk variabel assurance 1,404 tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena lebih kecil dari t hitung 1,984. Dari uji F terdapat signifikansi yaitu F hitung sebe sar 21,877 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2,37. Maka variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari Uji Koefisien Determinasi (R2) didapat nilai koefisien determinasinya sebesar 0,432 atau 43,2,6% sedangkan sisanya sebesar 56,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model persamaan regresi bebas dari pelanggaran asumsi klasik, baik dilihat dari uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Dan dari uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa kelima variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun b ersama-sama terhadap kepuasan konsumen itu terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lima Dimensi Kualitas Pelayanan ( tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 19 May 2009 06:52
Last Modified: 17 Nov 2010 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item