REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG

DARMADI, DARMADI (2011) REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Kepmendiknas nomor 296/U/1996. Model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 0162//U/2003 dan model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 28/2010 serta model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dokumen serta wawancara dengan Kepala Sekolah dan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Analisis data dengan membandingkan untuk mencari keunggulan dan kelemahan dari Kepmendiknas nomor 296/U/1996, Permendiknas nomor 0162/U/2003 dan Permendiknas nomor 28/2010. Dari keunggulan dan kelemahan kemudian ditata kembali dan ditambah sehingga menjadi model yang ideal untuk rekrutmen Kepala Sekolah. Hasil penelitian bahwa model rekrutmen menurut kepemendiknas nomor 296/U/1996, Permendiknas nomor 0162/U/2003 dan Permendiknas nomor 28/2010 masih ada beberapa kelemahan yaitu belum menunjukkan prinsip keadilan bagi guru yang telah memenuhi syarat umum dan syarat khusus karena tiap sekolah hanya dimintai seleksi satu orang calon saja. Ketiga peraturan yang mengatur tentang persyaratan ini yaitu syarat tentang keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak ada alat ukur yang jelas, maka harus dibuat alat ukur yang dapat dinilai melalui pengamatan. Keimanan dan ketaqwaaan sebagai kunci utama seorang pejabat dalam melaksanakan pekerjaannya. Perlu ditambahkan kondisi keluarga juga harus dimasukkan sebagai syarat untuk seleksi, sebab kondisi keluarga sangat mempengaruhi kinerja seorang pejabat. Model seleksi tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh pihak ketiga hasilnya perlu dijaga keobyektifannya atau kemurnian hasil tes dalam penetapan kelulusan. Dari keunggulan dan kelemahan tersebut maka perlu imunculkan model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal dan obyektif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi model rekrutmen, Pembinaan Karier dan Prestasi, Seleksi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2011 06:52
Last Modified: 18 Jul 2011 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13429

Actions (login required)

View Item View Item