UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN

FATIKA, VERA ERTIANA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (580kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi koperasi melalui metode pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Adapun prosedur penelitian yaitu dialog awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “Melalui metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/ 2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I ada 68,43% yang tuntas belajar meningkat menjadi 84,22% pada Siklus II dan pada Siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 97,36%, KKM 61. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS pada materi koperasi melalui metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, siswa, metode pembelajaran jigsaw.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 09:58
Last Modified: 11 Jul 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item View Item