PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)

SULISTIYANINGSIH , EKA DWI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning dengan pendekatan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Kartasura 06 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan bertanya siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan menjadi 50%, 2) siswa yang mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 35,71%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan naik menjadi 64,29%, dan 4) siswa dalam membuat kesimpulan di akhir pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 42,86%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai di atas KKM hanya sebanyak 25% dan di akhir tindakan menjadi 71,43%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning dengan pendekatan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Tutor Sebaya, minat belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 08:41
Last Modified: 11 Jul 2011 08:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item