PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KUSUMAWATI , FITRIA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIIF SMP N 2 Kartasura tahun Pelajaran 2010-2011 dengan media buku harian dalam hal kemampuan menyusun alur cerita, kemampuan menghadirkan tokoh dan kemampuan menggayabahasakan cerita. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIIF SMP N 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber yaitu guru Bahasa Indonesia dan murid kelas VIIF SMP N 2 Kartasura, tempat dan peristiwa berlangsungnya pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi dalam proses yang berbentuk siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa meningkat mulai dari hal menyusun alur cerita, menghadirkan tokoh dan menggayabahasakan cerita dengan penggunaan buku harian sebagai medianya. Dari 40 siswa kelas VIIF yang mengikuti test 39 siswa pada tahap prites hanya 9 siswa atau 23,08% yang sudah tutas KKM (70). Pada tahap siklus I meningkat menjadi 18 siswa telah tuntas KKM atau 46,15%, dan hasil semakin meningkat pada siklus II sebanyak 33 siswa telah tuntas KKM atau 84,62%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku harian dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dibandingkan tanpa penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kemampuan menulis narasi, media buku harian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 08:11
Last Modified: 11 Jul 2011 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13362

Actions (login required)

View Item View Item