ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Tn. S DENGAN GANGGUAN SISTEM KARDIOVASKULAR ( HIPERTENSI ) DI DESA DEMALANG KECAMATAN BAKI SUKOHARJO

WIDYASTUTI , ANITA SANTI (2011) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Tn. S DENGAN GANGGUAN SISTEM KARDIOVASKULAR ( HIPERTENSI ) DI DESA DEMALANG KECAMATAN BAKI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyebab kematian no 3 , selain stroke dan tuberculosis. Jumlah mencapai 6,85 dari proporsi penyebab kematian pada semua umur di Indonesia. Kejadian prevalensi hipertensi di Indonesia telah mencapai 31,7% dari total penduduk dewasa. Dari jumlah di atas hanya sekitar 0,4 % kasus yang minum obat hipertensi untuk pengobatan. Diprediksi, terdapat 76 % kasus hipertensi di masyarakat yang belum terdiagnosis.Tren kasus hipertensi di wilayah Indonesia nampaknya bakal terus grafik menanjak. Pasalnya tingkat kegemukan ( obesitas ) orang Indonesia semakin besar saja. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah tekanan ( ketegangan ) yang tinggi dalam arteri. Arteria dalah pembuluh yang membawa darah dari jantung pemompa menuju keseluruh jaringan dan organ tubuh. Hipertensi tidak berarti ketegangan emosi yang berlebih, meski pun ketegangan emosi dan stress dapat meningkatkan tekanan darah saat itu juga.Tekanan darah tinggi pada umumnya didefinisikan sebagai tingkat yang melebihi 140/90 mmHg yang dikonfirmasikan pada baerbagai kesempatan. Tujuan umum dalam asuhan keperawatan Keluarga pada keluarga Tn.S : mendapatkan gambaran dan pengalaman nyata dalam melaksanakan asuhan keperawatan keluarga Tn.S pada Tn.S dengan Hipertensi Di Desa Demalang Kecamatan Baki Sukoharjo dengan menggunakan pendekatan proses asuhan keperawatan yang meliputi : pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan khusus dari karya tulis ilmiah ini adalah a.Melakukan pengkajian keperawatan keluarga dengan masalah hipertensi. b.Menentukan diagnose keperawatan keluarga dengan masalh hipertensi. c.Merencanakan tindakan keperawatan keluarga dengan masalah hipertensi. d.Melaksanakan evaluasi terhadap tindakan yang telah dilaksanakan keperawatan keluarga dengan hipertensi. Metode yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah observasi dan wawancara langsung pada pasien dan keluarga pasien. Kesimpulan yang dapat diambil dari karya tulis ilmiah ini pasien mengetahui apa pengertian, penyebab dan tanda gejala hipertensi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 03:20
Last Modified: 06 Jul 2011 03:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item View Item