EFEKTIFITAS PEMBERIAN CERITA BERGAMBAR TERHADAP RECALL MEMORY PADA ANAK-ANAK

Nugraha , Aditya Dedy (2008) EFEKTIFITAS PEMBERIAN CERITA BERGAMBAR TERHADAP RECALL MEMORY PADA ANAK-ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040110.pdf

Download (236kB)
[img] PDF
F100040110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar manusia terjadi seumur hidupnya, dan hanya akan terhenti jika individu tersebut telah meninggal. Dalam hidupnya manusia belajar mengenai sesuatu secara informal, formal dan non formal. Proses belajar secara formal, terdiri dari berbagai tingkat atau jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan secara formal yang ada di Indonesia seperti yang disebutkan dalam Suprijanto (2007), yaitu prasekolah, sekolah dasar,sekolah menengah dan seterusnya. Pembagian tingkatan dalam pendidikan secara formal tersebut salah satunya berdasarkan dengan teori tahap-tahap perkembangan kognitif pada anak seperti yang yang dikemukakan oleh Piaget (Hurlock, 1992) bahwa terdapat empat tahapan perkembangan kognitif. Untuk pendidikan formal hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi belajar Arikunto (1989). Tes tersebut membutuhkan kemampuan recall memory yang cukup tinggi. Recall memory menurut Walgito (2004) adalah salah satu cara menimbulkan kembali informasi dengan cara mengingat kembali informasi yang telah disimpan. Tujuan dari dilaksanakanya tes evaluasi belajar adalah untuk megetahui hasil belajar yang dilakukan oleh seseorang. Sedangkan proses belajar seseorang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi belajar seseorang yaitu intelegensi, motivasi, kondisi fisik, modalitas belajar individu dan kemampuan mengingat khususnya kemampuan untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan atau recall memory. Cerita bergambar adalah cerita yang terdapat ilustrasi atau tiruan dari objek nyata yang berupa gambar. Hipotesis yang diajukan adalah cerita bergambar efektif untuk emningkkan kemampuan recall memory anak-anak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 5 yang berasal dari SD Muhammadiyah Pakem Yogyakarta, yang telah diseleksi menggunakan tes CPM dan memiliki skor dengan kategori cukup. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan alat tes recall memory yang berupa pertanyaan seputar cerita yang disampaikan. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai cerita1,2,dan3 sebesar Z=-2,790 p= 0,004 (p<0,01) lalu Z= -2,207 p= (p< 0,05) dan Z= -2,506 p = 0,012 (p<0,05) . Nilai rata-rata cerita 1, 2, 3 pada kelompok eksperimen = 26,60 lalu 27,60 dan 29,80 sedang nilai rata-rata pada kelompok kontrol = 21,60 lalu 24,60 dan 24,50. Nilai rata-rata ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata pada kedua kelompok. Dari ketiga cerita terdapat dua cerita yang mempunyai perbedaan signifikan karena nilai taraf signifikansi p = 0,027 dan 0,012 (p < 0,05). Artinya pemberian cerita bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan recall memory anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberian cerita bergambar, recall memory, anak-anak .
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2009 03:38
Last Modified: 27 Oct 2011 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item