UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MENCARI PASANGAN MODEL PANGERAN DAN RAKYATNYA DALAM POKOK BAHASAN BANGUN RUANG

PRABANDARI , DIAN SRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MENCARI PASANGAN MODEL PANGERAN DAN RAKYATNYA DALAM POKOK BAHASAN BANGUN RUANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_depan.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui diharapkan strategi mencari pasangan model pangeran dan rakyatnya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tlobong, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan strategi mencari pasangan model pangeran dan rakyatnya yang dilakukan dalam tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata- rata kognitif siswa pada siklus I yaitu 67,90 yang diperoleh dengan penggunaan metode ceramah; sedangkan nilai rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 64,6% (termasuk kategori kurang berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 74,61 dari siklus I yang hanya 67,90 karena siklus II menggunakan metode mencari pasangan model pangeran dan rakyatnya; sedangkan nilai rata-rata aktivitas belajar meningkat menjadi 73,8% (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus III meningkat menjadi 89,23 dari siklus II yang hanya 74,61; sedangkan nilai rata-rata aktivitas meningkat menjadi 90,7% (termasuk kategori berminat) Berdasarkam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi mencari pasangan model pangeran dan rakyatnya dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika pada kelas V SD Negeri 2 Tlobong Delanggu Klaten tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, strategi mencari pasangan model pangeran dan rakyatnya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 07:51
Last Modified: 05 Jul 2011 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item