PELAKSANAAN CUTI MENJELANG BEBAS SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA (Studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sragen)

Puspito Sari, Eny (2008) PELAKSANAAN CUTI MENJELANG BEBAS SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA (Studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220040013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan cuti menjelang bebas sebagai upaya pembinaan dan untuk mengetahui upaya pembinaan bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen. Bentuk penelitian adalah kualitatif yang berkaitan secara khas dengan induksi analitik. Sumber data diperoleh dari beberapa sumber, yaitu informan, tempat dan dokumen. Cuplikat yang digunakan dalam penelitian ini ialah purposive sampling. Peneliti mengambil key informan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi langsung dan analisis dokumen. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data dengan cara triangulasi sumber dan metode pengumpulan data. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cuti Menjelang Bebas di peruntukkan bagi narapidana yang memenuhi persyaratan substantif dan administratif dengan melalui tahap – tahap yang sudah ditentukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A sragen. Walaupun masih ada hambatan dalam pelaksanaan Cuti Menjelang Bebas bagi narapidana, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sragen mempunyai upaya untuk menanggulangi dan mencapai tujuan yang di harapkan. Program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Sragen ada 2 yaitu; 1) Pembinaan Kepribadian, dengan diadakannya kegiatan keagamaan misal: pengajian, kebaktian di gereja. Kegiatan olah raga misal: latihan bola voli, tenis meja; 2) Pembinaan Kemandirian, dengan diadakannya kegiatan ketrampilan misal: menjahit, potong rambut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: narapidanan, Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 03:18
Last Modified: 01 Feb 2011 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item