PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011

ROHIMAH , NELA NUR (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV MIM Gedongan Colomadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus III yaitu: 1) Siswa yang mempunyai hasrat dan keinginan berhasil 77,27 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan untuk berhasil dalam belajar 90,90 %, 3) Siswa yang mempunyai harapan untuk berhasil 86,3 %, 4) siswa yang senang belajar PKn 90,90% 5) Siswa yang mengerjakan soal dari guru dengan baik 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 27,27 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, motivasi, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 05:29
Last Modified: 05 Jul 2011 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item