PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo)

RATNAWATI , SENNY (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
kata_pengantar.pdf

Download (650kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inquiry Terbimbing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa, hal ini dapat dilihat dari 1) Keberanian siswa mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 8,33 % dan setelah tindakan 61,11 %, 2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan setelah tindakan 72,22 %, 3) Keberanian siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 5,56 % dan setelah tindakan 63,89 %. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pemahaman konsep matematika materi Garis dan Sudut yang ≥ KKM sebelum tindakan 11,11 % dan setelah tindakan 97,22 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pemahaman Konsep, Pendekatan Kontekstual, Inquiry Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:29
Last Modified: 04 Jul 2011 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item