PENERAPAN STRATEGI ROLE REVERSAL QUESTIONS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2010/2011)

SAPUTRO, YULIATNO BINI (2011) PENERAPAN STRATEGI ROLE REVERSAL QUESTIONS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. 2) Mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIID SMP N 1 Ngemplak Boyolali, yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar. Metode penggumpulkan data melalui metode wawancara, observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar siswa yang meliputi antusias siswa dalam: 1) Mengkomunikasikan materi atau menjadi tutor kepada siswa lain sebelum tindakan 2,8%, putaran I 8,3%, pada putaran II 13,9% dan di akhir tindakan 38,8%. 2) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 8,3%, putaran I 13,9%, putaran II 33,3%, dan di akhir tindakan 52,8 %. 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 5,6%, putaran I 8,3%, putaran II 22,2% dan di akhir tindakan 41,7%. Selain itu didapat hasil belajar siswa dengan kriteria ketuntasan minimum sebesar 62 sebelum tindakan 50%, putaran I 55,6%, putaran II 80,6% dan di akhir tindakan 94,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Role Reversal Questions dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Strategi Role Reversal Questions
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:20
Last Modified: 04 Jul 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13274

Actions (login required)

View Item View Item