MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MUNAJAD, MUNAJAD (2011) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)

Abstract

belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide, keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru. Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata- rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I, ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif 42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian- bagiannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Hasil-Belajar, Everyone-is-Teacher-Here.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:14
Last Modified: 04 Jul 2011 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item