PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK-POKOK ISI BERITA DALAM SURAT KABAR DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

SULARNI, SULARNI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK-POKOK ISI BERITA DALAM SURAT KABAR DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (373kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui peningkatan kemampuan menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura dalam kegiatan menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya, (c) mengkaji persepsi dan tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura mengenai pembelajaran menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya. Setting penelitian ini di SMP Negeri 3 Kartasura. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memadukan antara penelitian kualitatif deskriptif dan kuantitatif karena penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang data-datanya dapat berupa kata maupun angka. Prosedur penelitian dalam penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang memberikan konsep pokok penelitian dalam empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), refleksi (reflecting). Sumber data dari penelitian ini adalah hasil dan proses pembelajaran dari siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Kartasura. Penelitian ini memiliki dua jenis data yaitu data primer yang didapat dari interaksi yang dilakukan guru dengan siswa dan data sekunder yang didapat dari dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan mengenai kemampuan menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata prestasi ketika prasiklus sebesar 55,83 meningkat menjadi 65,41pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 84,30. Persentase peningkatan tiap siklus yaitu prasiklus 56%, siklus I 65%, dan siklus II 84%. Berdasarkan pengamatan pada penelitian ini, ada motivasi diri dari siswa ketika pembelajaran menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya sangat baik. Siswa tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya. Dari hasil persentase angket yang diberikan kepada siswa kelas VIIB, dapat disimpulkan bahwa persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya sangat baik dan siswa senang dengan pembelajaran menemukan pokok-pokok isi berita dalam surat kabar dengan metode tutor sebaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pokok-pokok isi, Berita, Tutor Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:09
Last Modified: 04 Jul 2011 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item