PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

SEPTIANI , RIZKY (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction, (c) mengkaji persepsi dan tanggapan siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 mengenai pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Setting penelitian ini di SMP N 3 Kartasura. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, tetapi juga terdapat unsur kuantitatif. Hal ini dikarenakan penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang data-datanya berupa kata maupun angka. Penelitian ini mempunyai dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini adalah interaksi yang dilakukan guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa yang ada di sekolah secara langsung. Data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen yang berhubungan dengan penelitian peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction yang difokuskan pada siswa kelas VII di SMP N 3 Kartasura. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini ada 3. Pertama, terdapat peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh saat prasiklus sebesar 49,14, siklus I sebesar 73,78 sedangkan siklus II sebesar 85,71. Persentase peningkatan tiap siklus yaitu prasiklus 49%, siklus I 74%, dan siklus II 86%. Jadi, total peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 37%. Kedua, adanya motivasi dalam diri siswa ketika pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction sangat baik. Siswa tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction 81% siswa senang dan 73% siswa paham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menyusun kalimat efektif, metode explicit instruction, motivasi belajar, serta perserpsi dan tanggapan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 10:05
Last Modified: 04 Jul 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item