PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

HAPSARI , ANITA DWI (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (764kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah I Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji-cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 10,868 + 0,222X1 + 0,262X2 yang artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 2,177 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (2) pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 3,830 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (3) persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 10,513 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar adalah sebesar 5,63% sedangkan kontribusi pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar adalah sebesar 15,77%, sehingga total sumbangan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar adalah sebesar 21,4%, sisanya sebesar 78,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru, pemanfaatan media pembelajaran, motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 09:09
Last Modified: 04 Jul 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item