PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PICTURE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B SD NEGERI KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

SAHLI , VERRA DIAN AMBARWATI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PICTURE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B SD NEGERI KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1x.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_IIx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IIIx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IVx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_Vx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka_x.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiranx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran picture index card match. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV B SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 21,62 %, di akhir siklus mencapai 94,59 %, 2) bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 13,51 % di akhir siklus mencapai 91,89 %, serta 3) menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 40,54 %, pada di akhir siklus mencapai 94,59 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa mencapai daya serap 48,65 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 94,59 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran picture index card match dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, picture index card match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 09:24
Last Modified: 28 Jun 2011 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item