STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011

RACHMAWATI, FINA LAILY (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, The Power of Two, CTL, Hasil Belajar IPA,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 08:59
Last Modified: 28 Jun 2011 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13160

Actions (login required)

View Item View Item