PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN

NURHAYATI, KHOTIMAH (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Trucuk 2 klaten yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung pecahan. Berdasarkan data tes siklus I setelah pelaksanaan tindakan dari 32 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran Matematika dengan penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah, nilai rata-rata 72,34 sebanyak 24 siswa atau 75 % siswa mampu mencapai standar KKM (65). Hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan, dari 32 siswa kelas IV yang mengikuti pelajaran Matematika dengan penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah nilai rata-rata 78,75 atau 28 siswa atau 87,5 % siswa telah memenuhi kreteria ketuntasan siswa. Sedangkan hasil observasi siklus I, secara individu diketahui bahwa kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 75 % sudah baik, 20 % menunjukkan sedang, dan hanya 5 % yang masih dalam taraf kurang. Sedangkan berdasarkan observasi siklus II, secara individu diketahui bahwa kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 89,4 % sudah baik dan 10,6 % dalam taraf sedang, kemudian secara kelompok kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 90 % sudah baik dan 10 % sedang. Dengan hasil yang telah dicapai pada siklus II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika SDN 2,Trucuk, Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar,pembelajaran,evaluasi kecakapan dalam pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 08:51
Last Modified: 28 Jun 2011 08:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13159

Actions (login required)

View Item View Item