PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011

RUMINA , ALIS (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (477kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini aindalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa yang terdiri 12 anak laki-laki dan 16 anak perempuan tahun pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: pada pra tindakan diperoleh hasil 42,86% untuk ketuntasan secara keseluruhan dengan rata-rata kognitif siswa 53,75. Pada tindakan tiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan menjadi 67,86% dengan rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 66,96. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat cukup signifikan menjadi 89,29% dengan rata-rata meningkat menjadi 80,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara keseluruhan, namun hasil penelitian lebih dari 80% siswa tuntas dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran STAD, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 05:36
Last Modified: 28 Jun 2011 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13155

Actions (login required)

View Item View Item