PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganom Pokok Bahasan Segiempat)

NINGRUM P , DYAH (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganom Pokok Bahasan Segiempat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative script. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Karanganom. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B. Metode pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan tehnik triangulasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: ada peningkatan keaktifan siswa melalui metode cooperative script. Hal ini dilihat dari aspek a). Aktif menanyakan materi yang belum jelas kepada guru dari sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 52,5% pada akhir tindakan; b). Mengemukakan pendapat/tanggapan saat proses belajar mengajar dari sebelum tindakan 10% meningkat menjadi 50% pada akhir tindakan; c). Menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal-soal latihan kedepan kelas dari sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 62,5% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan metode cooperative script dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan segiempat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, cooperative script
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2011 10:28
Last Modified: 27 Jun 2011 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item