ANALISIS KELAS KATA DAN POLA KALIMAT PADA TULISAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TENTANG WATAK ANGGOTA KELUARGA

HARYANTI , ENI (2011) ANALISIS KELAS KATA DAN POLA KALIMAT PADA TULISAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TENTANG WATAK ANGGOTA KELUARGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelas kata yang terdapat pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD tentang watak anggota keluarga, dan (2) menganalisis pola kalimat yang digunakan seorang siswa kelas IV SD dalam menulis deskripsi tentang watak anggota keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berbentuk deskriptif sebab tujuan penelitian ini menggambarkan atau mendeskripsikan analisis kelas kata dan pola kalimat pada tulisan deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan teknik dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan mengkaji dokumen yaitu menganalisis berdasarkan kelas kata dan pola kalimat. Teknik analisis data penelitian ini mencakup tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD tentang watak anggota keluarga ditemukan hasil penelitian sebagai berikut. Kelas kata yang banyak dijumpai yaitu nomina, verba, dan adjektiva. Karakteristik kelas kata yang dihasilkan yaitu, (1) nomina bentuk dasar yang paling banyak muncul, dengan karakteristik yaitu penyebutan nama diri orang, nama geografis, nama suatu benda, dan orang yang masih mempunyai hubungan kekerabatan; (2) verba turunan dengan prefiks meng- yang mendominasi pada tulisan deskripsi siswa; (3) adjektiva bentuk waktu (kadang-kadang) dan sikap batin (sayang dan baik) terdapat diseluruh tulisan siswa; (4) siswa lebih banyak menggunakan konjungtor koordinatif yang berupa dan; (5) adverbia bentuk kata dasar ditemukan disemua tulisan deskripsi, dan yang dominan digunakan yaitu kadang dan juga; (6) preposisi bentuk dasar terdapat di semua tulisan deskripsi siswa, dan preposisi yang sering muncul yaitu di; (7) numeralia bentuk pokok tentu paling banyak pada tulisan siswa daripada numeralia bentuk pokok taktentu; (8) pronomina persona I tunggal terdapat di seluruh tulisan deskripsi siswa, dan pronomina persona yang banyak digunakan siswa adalah aku dan –ku; (9) interjeksi tidak ditemukan pada tulisan deskripsi siswa; dan (10) kategori partikel penegas hanya terdapat pada satu tulisan deskripsi siswa kelas IV SD yang berupa partikel -lah. Pola kalimat pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD diperoleh 62 pola kalimat dari 198 kalimat yang dianalisis berdasarkan struktur kalimat. Adapun pola kalimat yang dominan yaitu SPK. Kalimat yang mereka susun berupa kalimat tunggal, di samping kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-43
Uncontrolled Keywords: kelas kata, pola kalimat, dan tulisan deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 08:55
Last Modified: 25 Oct 2011 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13104

Actions (login required)

View Item View Item