KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011

KURNIATI , ENDAH PUTRI (2011) KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depani.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan secara bersama-sama dari kreativitas belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganom dengan julmah seluruhnya 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,026 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,601 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Kreativitas belajar dan Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 24,742 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif 27,7%. dan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 23,6%, Jadi total sumbangan efektif adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-18
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, partisipasi interaksi edukatif, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 04:23
Last Modified: 25 Oct 2011 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item