ANALISIS PENGARUH INVESTASI, PERTUMBUHAN EKONOMI, UMR, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN DI INDONESIA TAHUN 1979 – 2004

HARSANTY, NOVITA DYAN (2007) ANALISIS PENGARUH INVESTASI, PERTUMBUHAN EKONOMI, UMR, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN DI INDONESIA TAHUN 1979 – 2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A_Cover+Hal_Depan.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B_BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
C_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
D_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
E_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
F_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
G_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Investasi, Pertumbuhan Ekonomi, UMR dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pengangguran di Indonesia Tahun 1979-2004”. Adapun tujuannya untuk mengamati atau mengetahui pengaruh investasi, PDB, UMR dan pengeluaran pemerintah terhadap pengangguran di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, berupa data time series tahunan. Periode pengamatan dari tahun 1979- 2004. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan metode Error Correction Model (ECM). Langkah-langkah analisis data dimulai dari analisis ECM, uji asumsi klasik, uji kebaikan model dan uji validitas pengaruh. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa koefisien ECT memiliki nilai diantara 0-1 yakni sebesar 0,853639 dan signifikan pada α = 5%, sehingga dapat dipakai untuk menjelaskan fenomena pengaruh investasi, PDB, UMR dan pengeluaran pemerintah terhadap pengangguran di Indonesia tahun 1979-2004. Hasil yang tersaji tersebut sudah dicoba diubah menjadi model ekonometri double log. Hal ini disebabkan estimasi model ECM linier (model awal) yang direncanakan ternyata memperlihatkan hasil yang sangat buruk. Hasil estimasi yang terjadi adalah hasil estimasi model ECM (model terbaik) yang diperoleh dari proses penyesuaian model ekonometrik double log dan periode pengamatan diubah hanya menjadi 1979-1999. Berdasarkan uji asumsi klasik, untuk uji heteroskedastisitas dan otokorelasi tidak ditemukan masalah. Uji normalitas menunjukkan distribusi et normal. Uji Ramsey Reset menunjukkan model yang digunakan linier. Dari hasil uji kebaikan model nilai Fhitung = 2,257450 lebih kecil dari Ftabel = 3,02 berarti model yang digunakan tidak eksis. Untuk nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,670153 menunjukkan bahwa sekitar 67,0153% pengangguran dijelaskan oleh investasi, PDB, UMR dan pengeluaran pemeritah. Sedangkan sisanya 32, 9847% dijelaskan oleh variabel diluar model. Dari uji t, dalam jangka pendek semua variabel independen yaitu investasi, PDB, UMR dan pengeluaran pemerintah tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengangguran sedangkan dalam jangka panjang hanya variabel investasi yang mempunyai pengaruh signifikan pada α = 5% terhadap pengangguran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 09:32
Last Modified: 23 Jun 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item