UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Hastuti , Retno (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan pada anak kelompok ”A” TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indikator yaitu (Ka) ketepatan anak dalam kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak dan (Kb) kecepatan anak dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah dalam permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak. Sebelum adanya tindakan nilai kreativitas rata-rata kelas (K=1.17), (Ka=0%) dan (Kb=0%), setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi (K=2.8), (Ka=30%) dan (Kb=4%), pada siklus II meningkat menjadi (K=3.5), (Ka=54.5%) dan (Kb=75%), di akhir tindakan yaitu pada siklus III menjadi(K=3.8), (Ka=88%) dan (Kb=88%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Permainan Berhitung Permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 09:09
Last Modified: 23 Jun 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item