PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MATA PELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NGAGLIK, SAMBI, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

PALUPI , DWI RATNA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MATA PELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NGAGLIK, SAMBI, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi tahun 2010/2011 sebanyak 17 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 59,82 menjadi 65,76 pada putaran I dan meningkat lagi menjadi 71,41 pada putaran II. Sedangkan dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (17,65%), putaran I sebanyak 9 siswa (52,94%), putaran II sebanyak 15 siswa (88,24%). Dengan demikian sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi mengalami peningkatan hasil belajar pada kompetensi dasar menghargai jasa dan peranan para tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 05:08
Last Modified: 23 Jun 2011 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13065

Actions (login required)

View Item View Item