PERAN GURU SEBAGAI PETUGAS BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MANGGUNG 2 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

WIDYASTUTI , YULIANA (2011) PERAN GURU SEBAGAI PETUGAS BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MANGGUNG 2 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB__I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru sebagai bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan variabel yang dipilih dalam penelitian ini adalah guru sebagai bimbingan konseling sebagai variabel bebas dan kesulitan belajar siswa kelas IV SDN Manggung 2 sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) bahwa kesulitan belajar siswa disebabkan karena faktor kemampuan siswa dalam memahami materi, dalam beberapa mata pelajaran siswa kurang antusias karena tidak memahami materi yang diajarkan, (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah :faktor internal, faktor eksternal, guru tidak berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian peran guru sebagai bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa menggunakan dua metode yakni metode individu dan metode kelompok sangatlah berpengaruh besar bagi siswa karena (1) kesulitan belajar siswa dapat terpecahkan, (2) nilai siswa meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Bimbingan Konseling 
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 04:54
Last Modified: 23 Jun 2011 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13061

Actions (login required)

View Item View Item