PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )

NASHIHAH , DURROTUN (2011) PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) meningkatkan pemahaman konsep melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Salafiyah Mrisi, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12% meningkat menjadi 44,44% pada akhir tindakan, b) aktif bekerjasama sebelum tindakan 28% meningkat menjadi 70,34% pada akhir tindakan, c) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 4% meningkat menjadi 25,93% pada akhir tindakan, d) memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 4% meningkat menjadi 48,15% pada akhir tindakan, e) mampu mengkonstruksikan soal ke model matematika sebelum tindakan 8% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan, dan (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 36% meningkat menjadi 85,19% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran REACT, alat peraga, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:13
Last Modified: 21 Jun 2011 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item