PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

SETYANINGSIH , YULIA DEVI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi: (a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan, sebelum tindakan 2 siswa (8,3%) dan setelah tindakan menjadi 15 siswa (62,5%); (b) menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 18 siswa (75%); (c) keberanian untuk presentasi, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 10 siswa (41,6%); (d) perhatian siswa terhadap pembelajaran, sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (37,5%) dan setelah tindakan sebanyak 20 siswa (83%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar, Improving Learning, Group Resume
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 08:44
Last Modified: 20 Jun 2011 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item