PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI OPTIMALISASI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD N Gawan I)

Cahyaningsih, Dwi (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI OPTIMALISASI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD N Gawan I). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB___1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB___2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB___3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB___4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB___5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Tujuan p enelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe talking stick . (2) memberikan pedoman kepada guru untuk memperabaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gawan I tahun 2010/2011 semester 1 dengan subyek seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari 6 point yaitu: (1) kemampuan dalam pengetahuan peningkatannya mencapai 20%, (2) kemampuan dalam pemahaman peningkatannya mencapai 20%, (3) kemampuan dalam penerapan peningkatan nya mencapai 14,29%, (4) kemampua n dalam analisis peningkata nnya mencapai 17,14%, (5) kemampuan dalam sintesis peningkatannya mencapai 17,14%, (6) kemampuan dalam evaluasi peningkatannya mencapai 14,29%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pengukuran waktu, jarak, dan kecepata n pada SD Negeri Gawan I berjalan baik, namun masih diperlukan adanya kekonsistenan semangat guru dalam mengajar dan fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran harus dioptimalkan penggunaannya serta referensi buku yang maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, pembelajaran, talking stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 08:27
Last Modified: 21 Nov 2019 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13036

Actions (login required)

View Item View Item