UMS ETD-db

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 4 Mojosongo Boyolali)

AZIZA , AULIA LUTFI (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 4 Mojosongo Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
54kB
[img]
Preview
PDF (Bab I)
26kB
[img] PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only

63kB
[img] PDF (Bab III)
Restricted to Repository staff only

152kB
[img] PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only

159kB
[img] PDF (Bab V)
Restricted to Repository staff only

30kB
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8kB
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

6MB

Abstract

Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII B yang dikenai strategi Concept Mapping dan siswa kelas VII C yang dikenai strategi Explicit Instruction. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas, serta uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, dengan Fa=5,159 (2) terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, dengan Fb=23,917 (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematika, dengan Fab=0,618.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A410070108
Uncontrolled Keywords:Strategi-pembelajaran, Pemahaman-konsep, Kemampuan-awal.
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
ID Code:13034
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jun 2011 08:16
Last Modified:20 Jun 2011 08:16

Repository Staff Only: item control page