PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

ASTUTI , YULINA DWI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah; prestasi belajar siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 61,11 % dan setelah tindakan 88,88 %, b) siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 50 % dengan rata-rata 67 dan setelah tindakan 63,88 % dengan rata-rata 85,91. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi-belajar, Student Team Achievement Divisions.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 08:11
Last Modified: 20 Jun 2011 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item View Item