PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HASTUTIK , DWI (2011) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMP N 2 Juwiring. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP N 2 Juwiring. 3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP N 2 Juwiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Juwiring. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri 2 Juwiring Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 44 guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 guru dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kompetensi guru ( ) diperoleh nilai sebesar 1,190 (p = 0,023 < 0,05) sehingga ditolak, hal ini berarti bahwa kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Juwiring. 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah ( ) diperoleh nilai sebesar 0,632 ( p = 0,033 < 0,05) sehingga ditolak, hal ini berarti bahwa persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Juwiring. 3) Berdasarkaan hasil perhitungan uji F diketahui bahwa besarnya nilai adalah 3,789; adapun dengan df = 2; 41 maka diperoleh sebesar 3,23. Oleh karena itu nilai (3,789) > (3,23) maka dinyatakan ditolak artinya kompetensi guru dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 2 Juwiring. 4) Sumbangan relatif (SR%) untuk kompetensi guru adalah 83,51% dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah adalah 16,49% sehingga totalnya adalah 100%. Sedangkan sumbangan efektif (SE%) untuk kompetensi guru adalah 3,09% dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah adalah 0,61% sehingga totalnya adalah 3,70%. Berdasarkan perhitungan sumbangan relatif (SR%) maupun sumbangan efektif (SE%) menunjukkan bahwa kompetensi guru mempunyai prosentase lebih besar dibandingkan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini berarti kompetensi guru lebih dominan berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Juwiring.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2011 09:28
Last Modified: 16 Jun 2011 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item