Analisis pengaruh Cadangan devisa, Investasi, Kurs, Ekspor dan Inflasi terhadap Impor barang modal di Indonesia tahun 1979-2004

UMBAR L, TRI BEKTI (2006) Analisis pengaruh Cadangan devisa, Investasi, Kurs, Ekspor dan Inflasi terhadap Impor barang modal di Indonesia tahun 1979-2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_Skripsi.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mengambil judul ”Analisis pengaruh Cadangan devisa, Investasi, Kurs, Ekspor dan Inflasi terhadap Impor barang modal di Indonesia tahun 1979-2004”. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor Cadangan devisa, Investasi, Kurs, Ekspor dan Inflasi terhadap Impor barang modal. Data yang digunakan ialah data sekunder, berupa data Time series tahunan. Periode pengamatan mulai tahun 1979 sampai tahun 2004. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi OLS dengan menggunakan metode “Error Correction Model” (ECM). Dari model analisis ECM menghasilkan model yang Valid, ditunjukan dengan nilai ECT sebesar 0.622481 sehingga model dapat dipakai untuk menganalisa pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas. Berdasarkan hasil pengujian asumsi klasik, ditemukan masalah multikolinearitas pada variabel Inflasi sedangkan variabel Cadangan devisa, Investasi, Kurs dan Ekspor tidak ditemukan masalah. sedangkan pada uji Heteroskedastisitas tidak terdapat masalah heteroskedastisitas. Pada uji Autokorelasi tidak terdapat masalah Autokorelasi. Sedangkan pada uji Ramsey-Reset adalah model yang digunakan ialah Linear. Berdasarkan hasil pengujian, untuk uji Normalitas tidak terdapat penyimpangan atau distribusi U Normal. t Untuk Uji F diperoleh F sebesar 11.343509 dan nilai F sebesar 3.94. berarti hitung tabel 2 model yang digunakan adalah eksis. Untuk nilai koefisien determinasi (R ) sebesar 0.900026 yang menunjukan bahwa sekitar 90.0026% variasi variabel Impor barang modal dijelaskan oleh Cadangan devisa, Investasi, Kurs, Ekspor dan Inflasi sedangkan sisanya 9.9974% dijelaskan oleh variabel diluar model. Hasil analisis dengan uji t diketahui bahwa Cadangan devisa dan Investasi tidak berpengaruh signifikan dengan = 05.0 0.1 sedangkan variabel Kurs,Ekspor dan Inflasi berpengaruh signifikan dengan terhadap Impor barang modal di Indonesia. Untuk uji stasionearitas data, bahwa data yang diigunakan adalah stasioner, Sedangkan untuk uji kointegerasi model variabel menunjukan kointegerasi secara signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DEVISA, INVESTASI, KURS, EKSPOR, INFLASI, IMPOR BARANG MODAL DI INDONESIA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 15 Jun 2011 10:21
Last Modified: 12 Jan 2012 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12991

Actions (login required)

View Item View Item