PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK

Hastutik , Hastutik (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Atribut_Tutik.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri metode pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (2) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (3) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri interaksi pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dibatasi pada pengelolaan pembelajaran berbasis mutu di SD Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan yang lain, dan dokumen-dokumen resmi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran digunakan SD Tlogoboyo 1 Bonang Demak dalam pembelajaran berbasis mutu disesuaikan dengan materi pelajaran seperti metode diskusi kelompok, metode demonstrasi, metode problem solving, dan metode latihan yang berstruktur. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan metode pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran interaktif ini dengan mengaktifkan kelas dimana terjadi dialog antara guru dan siswa; (2) Ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu di SD Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak adalah media dipilih berdasarkan konsep materi yang disajikan berupa multimedia yang sesuai dengan kurikulum SD Negeri Tlogoboyo I Bonang Demak, terdapat evaluasi, memiliki warna, suara, dan animasi yang jelas seperti penggunaan Power Point, LCD, dan computer; (3) Ciri-ciri interaksi pembelajaran berbasis mutu di SDN Tlogoboyo I Bonang Demak dapat dilihat dari cara guru mengorganisasi materi pelajaran seperti penyajian materi dengan media pembelajaran, penggunaan lembar kerja siswa dan juga materi pembelajaran disajikan melalui internet. Dengan pengelolaan materi pelajaran tersebut interaksi belajar mengajar menjadi aktif. Ketrampilan mengajar yang dilakukan guru SD Negeri Tlogoboyo I Bonang Demak dengan menggunakan model pembelajaran metode diskusi kelompok, metode demonstrasi, metode problem solving, dan metode latihan yang berstruktur juga menunjukkan adanya interaksi pembelajaran yang dilakukan antara siswa dan guru. Dengan model pembelajaran tersebut siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bermutu, metode, media, interaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 09:48
Last Modified: 15 Jun 2011 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item