ANALISIS PENGARUH CITRA SUPERMARKET TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO MITRA KARTASURA SUKOHARJO

Indrayanto, Adisurya (2008) ANALISIS PENGARUH CITRA SUPERMARKET TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO MITRA KARTASURA SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100010017.pdf

Download (522kB)

Abstract

Kondisi persaingan yang semakin kompetitif di dunia seperti sekarang ini, perusahaan semakin menyadari betapa pentingnya peran pelanggan dalam bisnis. Perusahaan menyadari loyalitas konsumenlah yang menjadi alasan kuat keberadaan mereka. Berdasarkan hal itu maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra supermarket terhadap loyalitas konsumen dan mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan dan masukan dalam rangka menentukan strategi pengambilan keputusan mengenai citra supermarket terhadap pembentukan loyalitas konsumen atau pelanggan supermarket dan sebagai sarana untuk menambah dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi dan juga untuk memperluas wawasan pemikiran dan mempertajam kemampuan pengamatan,penganalisaan.Penelitian ini untuk melihat pengaruh citra supermarket terhadap loyalitas konsumen menggunakan alat analisis linear berganda dengan populasi adalah pembeli toko Mitra Swalayan Kartasura. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 pembeli pada toko tersebut yang di ambil dengan metode convenience sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa citra supermarket yang terdiri dari harga barang, pelayanan karyawan, kualitas barang, dan diskon berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan t hitung -2,701 ; 3,121 ; 2,918 dan 3,638 > t tabel ± 1,986. Sedangkan untuk lingkungan fisik dengan t hitung 1,229 < 1,986 artinya lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Pengujian F statistik (Uji F) diperoleh Fhitung 34,877 > 2,37 artinya citra supermarket yang terdiri dari harga barang, pelayanan karyawan, kualitas barang, dan diskon secara bersama -sama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Pengujian koefisien determinasi diperoleh R² sebesar 0,650 hal ini berarti bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat sebesar 65,0% sedangkan sisanya sebesar 35,0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci: Lingkungan fisik, Harga barang, Pelayanan karyawan, Kualitas barang, Diskon dan Loyalitas konsumen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan fisik, Harga barang, Pelayanan karyawan, Kualitas barang, Diskon dan Loyalitas konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 18 May 2009 08:51
Last Modified: 11 Dec 2014 13:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item