PENERAPAN SANKSI PIDANA MATI DALAM SISTEM PEMIDANAAN DI INDONESIA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA (HAM)

PRASOJO, IKHSAN (2007) PENERAPAN SANKSI PIDANA MATI DALAM SISTEM PEMIDANAAN DI INDONESIA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA (HAM). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal.depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Bab.1.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (560kB)
[img] PDF (Bab.2.3.4)
bab.2-dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Pidana mati sebagai salah satu bentuk sanksi yang paling berat selama ini selalu menjadi isu contro versial yang menimbulkan berbagai pendapat. Pertama, golongan yang pro dengan pidana mati menjadi bagian dari hukum positif di Indonesia dan sekaligus merupakan pelaksanaan kebijaksanaan negara, karenanya masih relevan untuk dilaksanakan. Sementara itu pendapat, kedua golongan yang kontra dengan pidana mati yang menganggap pidana mati bertentangan dengan HAM yang menjamin hak untuk hidup. Dari pendekatan histories, kebijakan pidana mati ini merupakan pengembangan dan teori absolute yangmendekatkan diri dengan deterrence effect (efek jera), namun sejalan dengan adanya dinamisasi hukum pidana, pemidanaan lebih ditunjukan pada teori rehabilitation, yaitu pemulihan terpidana agar dapat kembali hemosidusasi dengan masyarakat bila terpidana telah menjalani hukumnya, sehingga terfokus pada clinic treatment terhadap terpidana. Berdasarkan uraian di atas, maka dalam penulisan hukum ini penulis mengambil judul penulisan hukum “Penerapan Sanksi Pidana Mati Dalam Sistem Pemidanaan Di Indonesia Di Tinjau Dari Sudut Pandanga Perundungan Hak Asasi Manusia (HAM)”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN SANKSI PIDANA MATI , SISTEM PEMIDANAAN DITINJAU DARI SUDUT PANDANG PERLINDUNGAN ASASI MANUSIA
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Jun 2011 09:30
Last Modified: 14 Jun 2011 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item View Item