Analisis Pengaruh Kurs, Ekspor Netto, Pendapatan Perkapita dan Inflasi terhadap Tabungan Pemerintah Indonesia Tahun 1979-2003

SETYAWATI, ENI (2006) Analisis Pengaruh Kurs, Ekspor Netto, Pendapatan Perkapita dan Inflasi terhadap Tabungan Pemerintah Indonesia Tahun 1979-2003. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ENI_[IESP_Abstraksi,_dll].pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
ENI_[IESP_1].pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
ENI_[IESP_2].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
ENI_[IESP_3].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
ENI_[IESP_4,5].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
ENI_[IESP_Dafpus].pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
ENI_[IESP_Regression].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Analisis Pengaruh Kurs, Ekspor Netto, Pendapatan Perkapita dan Inflasi terhadap Tabungan Pemerintah Indonesia Tahun 1979-2003”. Adapun tujuannya adalah untuk mengamati arah dan besarnya pengaruh jangka pendek dan jangka panjang dan kurs, ekspor netto, pendapatan perkapita dan inflasi terhadap tabungan pemerintah Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, berupa data time series tahunan. Periode pengamatan dari tahun 1979-2003 langkah-langkah analisis ECM dimulai dari uji normalitas, uji Ramsey-Reset, uji asumsi klasik dan uji validitas pengaruh. Dari hasil analisis uji stasioner tidak signifikan, uji kointegrasi yang telah kointegrasi adalah uji ADF pada derajat 5%. ECT senilai 0,474181. Angka ini memenuhi kriteria yaitu 0 < ECT < 1 dengan kata lain Model ECM dalam penelitian ini dapat dipakai untuk menganalisis pengaruh variabel independen yaitu kurs, ekspor netto, pendapatan perkapita, dan inflasi terhadap variabel dependen, yaitu tabungan pemerintah. Uji normalitas tidak diketemukan penyimpangan dalam model atau distribusi U normal. Uji Ramsey-Reset model yang digunakan linier. Dalam uji t asumsi klasik, uji multikolinieritas ada masalah multikolinieritas, uji heteroskedastisitas tidak terdapat heteroskedastisitas, uji autokorelasi terdapat masalah autokorelasi, uji t variabel yang signifikan terhadap tabungan pemerintah adalah kurs pada derajat 10%, kurs pada tahun sebelumnya juga berpengaruh signikan pada derajat 5% dan inflasi pada tahun sebelumnya juga berpengaruh 2 signifikan pada derajat 5%. Koefisien determinasi (R ) sebesar 0,474181 yang menunjukkan bahwa sekitar 47,4181% variasi variabel tabungan pemerintah dapat dijelaskan oleh variabel kurs, ekspor netto, pendapatan perkapita dan inflasi. Sedang sisanya yaitu 52,5819% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lain di luar model yang diestimasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurs, Ekspor Netto,Pendapatan Perkapita, Inflasi, Tabungan Pemerintah Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 10 Jun 2011 10:05
Last Modified: 12 Jan 2012 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item