Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengeluaran Pembangunan Kotamadya Surakarta Tahun 1980 - 2005

WULANDARI, KRISTER (2007) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengeluaran Pembangunan Kotamadya Surakarta Tahun 1980 - 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depam)
cover.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
REGRESSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengeluaran Pembangunan Kotamadya Surakarta Tahun 1980 - 2005”. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat diskriptif kuantitatif dengan menggunakan data waktu (time series) mulai tahun 1980 – 2005 yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, jumlah penduduk, tingkat pengangguran dan jumlah perusahaan terhadap pengeluaran pembangunan di koatmadya Surakarta. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan metode partial adjusment model. Uji dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik partial adjusment model. Uji dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi serta uji statistik yang terdiri dari uji koefisien determinasi (R²), uji t dan uji F. Uji t variabel jumlah penduduk, inflasi dan tingkat pengangguran tidak berpengaruh terhadap pengeluaran pembangunan di kotamadya Surakarta sampai pada a = 10% sedangkan variabel jumlah perusahaan berpengaruh negatif terhadap pengeluaran pembangunan dan variabel pengeluaran pembangunan tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap pengeluaran pembangunan. Nilai F hitung sebesar 59,65639 dan nilai F pada a = 0,01 maka diperoleh F(0,01;19,5) = 4,17 tabel jelas nilai F > F atau 59,65639 > 4,17 jadi Ho ditolak berarti model eksis. hitung tabel Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,940116 ini berarti variasi dari penegluaran pembangunan di kotamadya Surakarta dapat dijelaskan oleh variasi variabel inflasi, jumlah penduduk, tingkat pengangguran, jumlah perusahaan besar dan pengeluaran pembangunan setahun sebelumnya sebesar 94,0116% sedangkan sisanya 5,9884% dipengaruhi oleh variasi dari variabel bebas lain di luar model. Uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, heteroskedasitias dan autokorelasi ketiga uji tidak terjadi masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengeluaran Pembangunan Kotamadya Surakarta, pengaruh inflasi, jumlah penduduk, tingkat pengangguran,jumlah perusahaan, pengeluaran pembangunan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2011 09:56
Last Modified: 12 Jan 2012 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item View Item