PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA

SAWITRI, YUNI (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yaitu kelas III A dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yaitu kelas III B. Metode pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 2, 002 < thitung = 3, 776 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa antara yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode konvensional. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran aritmatika sosial siswa yang diajar dengan menggunakan metode permainan lebih baik daripada menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu metode permainan dapat dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan, aritmatika sosial, barang bekas, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:27
Last Modified: 07 Jun 2011 09:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item